Pengaruh Analisis Diagram Bebas Benda dalam Pembelajaran Diikuti Penyelesaian Soal secara Sistematis (PS3) tentang Gaya pada Benda terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar

Mayora, Silvi Dwi (2018) Pengaruh Analisis Diagram Bebas Benda dalam Pembelajaran Diikuti Penyelesaian Soal secara Sistematis (PS3) tentang Gaya pada Benda terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SILVI_DWI_MAYORA_1305771_319_2018.pdf] Text
B1_05_SILVI_DWI_MAYORA_1305771_319_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik pada materi tentang gaya dan gerak benda pada saat ini secara umum bisa dikatakan rendah. Karena jarang sekali peserta didik yang mampu menyelesaikan soal-soal tentang gaya dan gerak benda dalam bentuk essay yang sifatnya menganalisis. Padahal untuk menyelesaikan soal yang berbentuk essay, peserta didik dapat menggunakan penyelesaian soal secara sistematis (PS3). PS3 merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan langkah-langkah sistematis. Alternatif lainnya yang dapat digunakan adalah diagram bebas benda (free-body diagram) untuk menguraikan seluruh gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda dalam bentuk anak panah. Penerapan diagram bebas benda dalam strategi PS3 ini dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan bantuan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS), agar siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang dimaksud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan diagram bebas benda dalam strategi PS3 terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tentang gaya dan gerak benda di SMAN 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah Pra-Experimental Design dengan One-Group Pretest Postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian ini meliputi kompetensi pengetahuan peserta didik, dengan instrumen penelitian berupa lembar tes awal, nilai LKS selama proses pembelajaran berlangsung, dan diakhiri dengan melakukan tes akhir. Teknik analisis data melalui uji N-gain untuk melihat peningkatan nilai peserta didik selama proses pembelajaran, uji hubungan antara dua variabel untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya pada ranah kompetensi pengetahuan siswa. Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil data penelitian. Pertama, pada uji N-gain dengan perbandingan antara nilai pretest dengan nilai LKS dan nilai postest. Hasil yang didapat adalah antara nilai pretest dengan nilai LKS 1, LKS 2, LKS 3, dan LKS 4 adalah 0,26; 0,51; 0,38; 0,38; dan hasil antara nilai pretest dengan nilai postest merupakan nilai tertinggi dengan nilai 0,58. Kedua, pengunaan diagram bebas benda dalam strategi PS3 memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik pada taraf nyata 0,05, dengan pengaruh 20,43% terhadap hasil kompetensi pengetahuan siswa, sedangkan 79,57% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan diagram bebas benda dalam strategi PS3 memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Diagram Bebas Benda; Pembelajaran; PS3; Gaya; Hasil Belajar;
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:35
Last Modified: 24 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16935

Actions (login required)

View Item
View Item