Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang

Rusnetti, Rusnetti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RUSNETTI_90252_6752_2012.pdf] Text
final_B1_6_RUSNETTI_90252_6752_2012.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penulis mengajar PKn di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, guru tidak menggunakan media yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa. Sehingga siswa terlihat tidak aktif dan tidak bersemangat dalam belajar. Hal ini juga menyebabkan siswa kesulitan untuk menjawab pertanyaan sehingga hasil belajar siswa juga rendah.Untuk dapat meningkatkan dan menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran PKn dengan menggunakan Media Gambar di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn menggunakan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 11 Lubuk Buaya dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media gambar adalah cukup kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi baik dan pada siklus II menjadi sangat baik. Rata-rata kelas hasil tes pada siklus I adalah 63,33, pada siklus II menjadi 69, 66 dan pada siklus III meningkat menjadi 77,33. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran PKn di Kelas V SDN11 Lubuk Buaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Media Gambar
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:35
Last Modified: 24 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item
View Item