Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang

Amriani, Tuti (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TUTI_AMRIANI_1209045_5671_2016.pdf] Text
final_B1_6_TUTI_AMRIANI_1209045_5671_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dari kenyataan selama peneliti mengamati proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang, guru belum mendorong siswa untuk berfikir secara mandiri serta guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Akibatnya proses pembelajaran tematik terpadu masih belum tercapai seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning di kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah PTK terdiri dari 2 siklus, dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari RPP, aspek guru, dan aspek siswa. Sumber data adalah proses pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu pada siklus I dan siklus II sebagai berikut: (1) Persentase kemampuan merancang RPP rata-rata 75,15% kualifikasi (C) meningkat dengan rata-rata 90,25% dengan kualifikasi (SB). (2) aspek guru rata-rata 74,95% dengan kualifikasi (C), meningkat dengan rata-rata 92,8% dengan kualifikasi (SB). (3) aspek siswa dari 74,95% dengan kualifikasi (C) meningkat dengan rata-rata 92,8% dengan kualifikasi (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan proses pembelajarannya telah meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Discovery Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:35
Last Modified: 24 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item
View Item