Asnah, Zuraida Tul (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZURAIDA_TUL_ASNAH_1109523_5204_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZURAIDA_TUL_ASNAH_1109523_5204_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZURAIDA_TUL_ASNAH_1109523_5204_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Negeri 25 Lubuk Alung bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPA dibandingkan siswa sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan memahami pembelajaran yang dilakukan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimanakah perencanaan, pelaksanakan, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian teridiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,57% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Ini juga terlihat dari akrivitas pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 85,71% meningkat menjadi 94,63% pada siklus II dan aktivitas dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,21% meningkat menjadi 83,92% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata sebesar 71,43 meningkat menjadi 81,67 pada Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan CTL, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16931 |