Sari, Silvi Atika (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Nilai Kecerdasan Spiritual Materi Gerak Dua Dimensi dan Hukum Newton untuk Implementasi Kurikulum 2013 Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SILVI_ATIKA_SARI_14033068_2650_2018.pdf [thumbnail of B1_05_SILVI_ATIKA_SARI_14033068_2650_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SILVI_ATIKA_SARI_14033068_2650_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 menuntut peserta didik menerapkan kompetensi sikap spiritual dengan baik. Materi pembelajaran di sekolah harus mendukung pencapaian kompetensi inti khususnya kompetensi sikap spiritual. Pada kenyataannya bahan ajar di sekolah belum memuat konten nilai kecerdasan spiritual. Solusi dari masalah ini adalah mengembangkan bahan ajar fisika yang memuat konten nilai kecerdasan spiritual. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan bahan ajar fisika yang memuat konten nilai-nilai kecerdasan spiritual pada materi gerak dua dimensi dan hukum Newton yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah pengembangan yang dilakukan berpedoman pada sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Sugiyono. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan enam langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk. Objek penelitian adalah bahan ajar fisika dengan konten kecerdasan spiritual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar angket penilaian validitas, lembar angket penilaian praktikalitas, lembar test hasil belajar dan lembar penilaian sikap spiritual. Teknik analisis data yang dilakukan ialah teknik analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan satu kelompok sampel. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan empat hasil dari penelitian ini. Pertama, bahan ajar dengan konten kecerdasan spiritual sudah sesuai dengan struktur bahan ajar menurut depdiknas dengan ciri-ciri pada bagian materi dan informasi pendukung terdapat nilai-nilai kecerdasan spiritual berdasarkan konsep fisika. Kedua, nilai validitas bahan ajar dengan konten kecerdasan spiritual adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata 84,96. Ketiga, penggunaan bahan ajar dengan konten kecerdasan spiritual adalah praktis menurut guru dan peserta didik dengan nilai masing-masing 85,70 and 82,49. Keempat, penggunan bahan ajar dengan konten kecerdasan spiritual adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap spiritual peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan konten kecerdasan spiritual adalah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap spiritual peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Fisika; Kecerdasan Spiritual; Gerak Dua Dimensi; Hukum Newton; Kurikulum 2013 |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16929 |