Vandriani, Kukuh (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Kooperatif Tipe TPS di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KUKUH_VANDRIANI_1204906_4873_2016.pdf [thumbnail of B1_6_KUKUH_VANDRIANI_1204906_4873_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KUKUH_VANDRIANI_1204906_4873_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang kurang
bervariasi metode dan model pembelajaran PKn yang digunakan,kurang menggali
pengetahuan siswa yang mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi
pembelajaran yang diajarkan, belum membentuk kelompok belajar secara
berpasangan, belum menciptakan diskusi kelompok. Di samping itu standar
ketuntasan dalam pembelajaran PKn yang diharapkan belum tercapai. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan , pelaksanaan dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe TPS Di Kelas IV
SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari studi pendahuluan,perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan
pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam ,a) Perencanaan
pembelajaran PKn pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase 64%, lalu
meningkat pada siklus I pertemuan II 67 % ,siklus II pertemuan I 75% dan pada
siklus II pertemuan II 89% b) Pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek guru dan
siswa siklus I pertemuan I persentase 65% ,siklus I pertemuan II 67% dan
meningkat pada siklus II pertemuan I 77% ,siklus II pertemuan II 90%, c) Hasil
belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada aspek kognitif siklus I pertemuan I
dengan persentase 69,4%,siklus I pertemuan II 74,7% dan meningkat pada siklus
II pertemuan I 78,3% , siklus II pertemuan II 92,2% dari aspek afektif siklus I
pertemuan I dengan persentase 73,8%, siklus I Pertemuan II 74,7% meningkat
pada siklus II pertemuan I 85,7%, siklus II pertemuan II 93,3%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16927 |