Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving di Kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo Pasaman Barat

Tuminah, Tuminah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving di Kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TUMINAH_58314_449_2013.pdf] Text
final_B1_6_TUMINAH_58314_449_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permaslahan yang dihadapi adalah dalam melaksanakan pembelajaran IPS guru belum sepenuhnya melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bisa memancing daya piker dan kreatif siswa, membangun pengetahuan baru sesuai pengalaman siswa,sehingga mengakibatkan siswa kurang trampi lmemecahkan suatu permasalahan yang dihadapi.Oleh sebab itu peneliti menggunakan pendekatan Problem Solving.Penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskripsikan hasi lbelajar IPS di kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo Pasaman Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.Dat a penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan,hasiltes proses pembelajaran.Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo.Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo Pasaman Barat yang berjumlah 25 orang, laki-laki 7 orang ,perempuan 18 orang.Prosedur penelitian dilakukan 1)perencanaan, 2)pelaksanaan, 3)pengamatan, 4)refleksi.
Setelah dilakukan penelitian terungkap bahwa penggunaan pendekatan ProblemSolving dapat meningkatkan Perencanaan,Pelaksanaan Aspek Guru dan Siswa serta,Hasil Belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 22 Luhak Nan Duo Pasaman Barat.Perencanaan pada siklus I nilai rata-rata 75%, Aspek guru 76,5% ,Aspeksiswa 74,5%.Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I nilai rata-rata 70,7%.Sedangkan siklus II Perencanaannilai rata-rata 85%,Aspek guru 85%,Aspek siswa 82%.Selanjutnya Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus II rata-rata nilai 81,3%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Problem Solving, dan Kelas IV SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:34
Last Modified: 24 Jul 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item
View Item