sari, Krisya yunika (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KRISYA_YUNIKA_SARI_16129053_453_2021.pdf [thumbnail of B1_6_KRISYA_YUNIKA_SARI_16129053_453_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KRISYA_YUNIKA_SARI_16129053_453_2021.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan
rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana peserta didik
kurang aktif dan tampak tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Hal ini disebabkan karena guru masih cenderung menggunakan pembelajaran yang
berorientasi kepada guru saat menjelaskan pembelajaran, sehingga proses
pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Number Head Together untuk
meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 019 Sungai
Jernih Kerinci
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus.
Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku
praktisi, dan siswa kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci sebanyak 18 orang.
Hasil penelitian menunjukkan : a) RPP siklus I pada pertemuan I memperoleh
nilai persentase rata-rata 75% dengan kualifikasi cukup,dan pada siklus I pertemuan
II memperoleh persentase 78,57%. meningkat pada siklus II menjadi 85,71% dengan
kualifikasi baik. b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan I memperoleh
nilai persentase 75% dan pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 81,25%
meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB).c)
pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan I memperoleh persentase
75% dan pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 81,25% meningkat pada
siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB). d) hasil belajar peserta
didik siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata rata 62,58 dengan kualifikasi kurang
(D) dan siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata rata 73,11 dengan kualifikasi
cukup (C-). Meningkat pada siklus II menjadi 84,37 dengan kualifikasi sangat baik
(SB). dengan demikian model number head together dapat meningkatkan proses
pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROSES PEMBELAJARAN, TEMATIK TERPADU, NUMBER HEAD TOGETHER |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16921 |