Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang

Triyum, Triyum (2012) Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TRIYUM_0255_3842_2012.pdf] Text
final_B1_6_TRIYUM_0255_3842_2012.pdf

Download (219kB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dari kenyataan selama peneliti mengajar PKn di Kelas V SDN 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang, Siswa terlihat tidak aktif dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Akibatnya hasil belajar siswa berlum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 70. Untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn menggunakan metode bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang.
Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 67 dan pada akhir siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 47 Koto Tuo Kecamatan Koto Tangah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Bermain, PKN, dan kelas V SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:02
Last Modified: 24 Jul 2025 02:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item
View Item