Putri, Rury Rahma (2012) Pembuatan Bahan Ajar LKS Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RURY RAHMA PUTRI_05067.pdf [thumbnail of final_B1_6_RURY RAHMA PUTRI_05067.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RURY RAHMA PUTRI_05067.pdf
Download (343kB)
Abstract
Pembelajaran IPA Fisika di SMP membutuhkan bahan ajar yang mampu menarik minat dan memotivasi siswa untuk belajar fisika karena siswa SMP masih tertarik bermain disamping belajar. Selain itu, kompetensi guru dalam menciptakan bahan ajar yang menarik dan variatif juga sangat dibutuhkan agar terciptanya proses pembelajaran yang memotivasi, interaktif, inspiratif, dan memberi ruang yang cukup untuk prakarsa kreativitas. Kenyataan yang ditemukan adalah minimnya bahan ajar yang benar-benar dapat menarik minat siswa untuk belajar. Salah satu alternatif adalah membuat bahan ajar LKS berbasis Teka –Teki Silang (TTS) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKS berbasis TTS yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika di SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan. Objek penelitian adalah bahan ajar LKS berbasis TTS dan siswa kelas VIII SMP N 2 Kamang Magek yang berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian meliputi mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, menvalidasi desain, memperbaiki desain, dan menguji coba produk. Instrumen pengumpul data penelitian adalah lembar validasi, lembar uji kepraktisan oleh siswa, lembar kepraktisan oleh guru dan tes hasil belajar. Analisis data digunakan ada tiga yaitu: metoda grafik, analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektifitas. Berdasarkan analisis produk dan data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian sebagi berikut: bahan ajar LKS berbasis TTS terdiri dari Cover, Isi LKS, dan TTS, bahan ajar LKS yang dihasilkan valid, bahan ajar LKS yang dihasilkan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika pada kelas VIII SMP, dan bahan ajar LKS yang dihasilkan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika pada kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar LKS, Berbasis Teka-Teki Silang |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16919 |