Fanela, Jasmi (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Tari Tradisional Melalui Strategi Cooperative Learning di Kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JASMI_FANELLA_14023021_4512_2018.pdf [thumbnail of B1_6_JASMI_FANELLA_14023021_4512_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JASMI_FANELLA_14023021_4512_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Tari Tradisional siswa dengan menggunakan Metode Cooperative Learning kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alur penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian diperoleh dari tes tertulis dan tes praktek. Jenis data dalam peelitian ini adalah
data primer dan data skeunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis dan tes praktek, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari di kelas X IPA 3
SMA Negeri 1 Kota Solok dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I belum ditemukan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilanjutkan pada siklus II dengan menggunakan metode Cooperative Learning ternyata hasil belajar siswa lebih meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya hasil belajar siswa kelas X IPA 3 pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 76,04 dan siklus II
dengan rata rata nilai 83,84 jadi telah ada peningkatan hasil belajar seni tari dengan menggunakan metode Cooperative Learning dan target yang ingin dicapai
telah berhasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16915 |