Aulia, Trisna (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TRISNA_AULIA_54279_4055_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_TRISNA_AULIA_54279_4055_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TRISNA_AULIA_54279_4055_2014.pdf
Download (489kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat.
Guru masih menggunakan pendekatan konvensional, belum maksimal mengaktifkan siswa, tidak membagi siswa dalam kelompok, dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan model Snowball Throwing, untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Penelitian ini terdiri dari prosedur penelitian yang melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan pada masing-masing aspek: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,6% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,4% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, 2) aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 77,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,2 % pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, dan 3) aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 75% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,4% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa dari seluruh aspek, pada siklus I diperoleh rata-rata 70,9 meningkat menjadi 84,4 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat. Guru masih menggunakan pendekatan konvensional, belum maksimal mengaktifkan siswa, tidak membagi siswa dalam kelompok, dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan model Snowball Throwing, untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Penelitian ini terdiri dari prosedur penelitian yang melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan pada masing-masing aspek: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,6% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,4% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, 2) aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 77,9% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,2 % pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, dan 3) aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 75% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,4% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa dari seluruh aspek, pada siklus I diperoleh rata-rata 70,9 meningkat menjadi 84,4 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS,dan Model Snowball Throwing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16909 |