Jannah, Ruri Rahmatul (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Membuat Mind Mapping di kelas V SDN 11 Pauh Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RURI_RAHMATUL_JANNAH_56830_2098_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RURI_RAHMATUL_JANNAH_56830_2098_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RURI_RAHMATUL_JANNAH_56830_2098_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Hal ini disebabkan guru masih kurang terampil untuk menggunakan tekhnik-tekhnik ataupun metode-metode yang ada. Padahal untuk menyampaikan materi IPS dibutuhkan tekhnik pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat memahami konsep IPS dan tidak merasa bosan. Selain itu juga dibutuhkan media yang menunjang keberhasilan pembelajaran. Diantara berbagai tekhnik pembelajaran yang ada terdapat Mind Mapping. Mind Mapping ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berimajinasi dan mengembangkan ide-idenya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS dengan membuat Mind Mapping di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Pauh Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 11 Pauh Kecamatan Matur Kabupaten Agam, subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V dengan jumlah siswa 19 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan II siklus, Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan dan siklus II 1x pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi dan refleksi, dan data yang diperoleh melalui lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa, serta evaluasi hasil belajar. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil perencanaan yang meningkat, Siklus I 74,5%, sedangkan siklus II 90%. Pada siklus I aktifitas guru siklus I 68% , siklus II 88%, aktifitas siswa siklus I 63%, siklus II 92% dan hasil belajar siswapun meningkat dari KKM yang ditetapkan yaitu 70. Siklus I 71% , dan siklus II 86%. .Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan Tekhnik membuat Mind Mapping dapat meningkatkan proses pembelajaran serta hasil belajar di kelas V SDN 11 Pauh, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pengtahuan Sosial, Mind Mapping |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16908 |