Welly, Krisna (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Di Kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KRISNA_WELLY_15653_4379_2014.pdf [thumbnail of B1_6_KRISNA_WELLY_15653_4379_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KRISNA_WELLY_15653_4379_2014.pdf
Download (13MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan wawancara dan observasi di peroleh
informasi bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota
Padang dalam pembelajaran PKn masih rendah, kondisi ini disebabkan guru
belum mampu memilih dan menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran.
Penggunaan model kooperatif tipe TPS merupakan salah satu alternative yang
bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. menjadikan siswa
sebagai warga Negara yang dapat berpikir kritis, aktif, kreatif, dan
bertanggungjawab serta dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri
dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu:
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang dengan jumlah siswa 23 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perencanaan,
pelaksanaan, hasil belajar siswa. Hasil penilaian perencanaan siklus I dengan hasil
69,6% dengan kriteria (Cukup) meningkat pada siklus II dengan hasil 92,8%
dengan kriteria (Sangat Baik). Aktifitas guru siklus I 79,1% dengan kriteria
(Baik), dan siklus II meningkat menjadi 91% kriteria (Sangat Baik). Aktivitas
siswa siklus I 79,1% dengan kriteria (Baik) dan siklus II meningkat menjadi 91%
kriteria (Sangat Baik). Penelitian siklus I belum terlaksana dengan baik dan
penelitian siklus II terlaksana dengan sangat baik, terbukti dari hasil belajar siswa
siklus I yaitu 65,2% dengan kriteria (Cukup) dan siklus II 86,9% dengan kriteria
(Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn
dengan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16907 |