Kasmil, Trio (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SD Negeri 03 Kuamang Kabupaten Pasaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TRIO KASMIL_93638_4924_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_TRIO KASMIL_93638_4924_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TRIO KASMIL_93638_4924_2012.pdf
Download (397kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat pada guru. Sehingga pembelajaran IPA menjadi membosankan bagi siswa. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui di kelas IV SD Negeri 03 Kuamang, Kecamatan Panti Kabupaten pasaman. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Kuamang.
Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses, diperoleh persentase hasil nilai rata-rata pembelajaran siswa pada siklus I adalah 62% dan pada siklus II persentase hasil nilai rata-rata siswa adalah 92%. Persentase peningkatan hasil nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II adalah 40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendekatan Keterampilan Proses meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Kuamang kecamatan Panti Kabupaten Pasaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, dan Pendekatan Keterampilan Proses. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16905 |