Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Padang

RAMADENI, KIKI (2016) Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KIKI_RAMADENI_1201130_4810_2016.pdf] Text
B1_6_KIKI_RAMADENI_1201130_4810_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pengembangan diri
seni tari dengan menggunakan metode kelompok.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati. Instrumen
penelitian adalah peneliti sendiri dengan responden yaitu siswa-siswi SMP Negeri 2 Padang, data
penelitian yang lain dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan , pengamatan yang di
amati oleh teman sejawat. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, dan
dokumentasi.Data dianalisis dengan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan diri seni tari di SMP
Negeri 2 Padang dilakukan dengan metode kelompok dalam 6 kali pertemuan berjalan dengan
baik. Langkah-langkah pengembangan diri ini dilakukan dalam bentuk kelompok yang
beranggotakan enam sampai tujuh yang dipilih secara acak. Masing-masing anggota kelompok
membantu satu sama lain dalam proses latihan secara terus menurus dalam mempraktekkann tari
dakak tampuruang. Siswa juga bersemangat dan juga termotivasi , hal ini dapat dilihat dari
peningkatan hasil belajar siswa pada penilaian pertama , kedua dan ketiga, pada pertemuan ke
empat dan kelima peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran
seni tari dengan indicator keinginan, perhatian, dan partisipasi. Nilai persentase siswa yang
berminat pada pertemuan pertama ini adalah 37%, pada pertemuan kedua persentase siswa yang
berminat adalah 41,3%, pada pertemuan ketiga persentase siswa yang berminat 60%, dan pada
pertemuan ke empat dengan persentase 62,6%, pada pertemuan kelima terjadi peningkatan
dengan persentase 82% yaitu kategori sangat baik. Penggunaan metode kelompok ini membuat
aktifitas belajar semakin menarik sehingga membuat siswa antusias dan terpacu untuk belajar tari
dakak tampuruang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN MINAT SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN DIRI SENI TARI.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:54
Last Modified: 25 Jul 2025 02:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item
View Item