Jayusman, Kiki (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan model PBL di kelas IV SDN 10 Sangkir Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KIKI_JAYUSMAN_04285_57_2014.pdf [thumbnail of B1_6_KIKI_JAYUSMAN_04285_57_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KIKI_JAYUSMAN_04285_57_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini
masih berpusat kepada guru, dimana guru kurang melibatkan secara aktif semua
siswa dalam proses pembelajaran. Disamping itu standar ketuntasan dalam
pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas kelas IV SDN 10
Sangkir Kabupaten Agam.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang
proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I diperoleh
tingkat pencapaian 75% dan siklus II meningkat menjadi 84%, b) pengamatan
aspek guru siklus I adalah 78,57%, dan siklus II meningkat menjadi 87,5%,
sedangkan pengamatan aspek siswa siklus I adalah 76,78%, pada siklus II
meningkat menjadi 91,1% dan c) nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah
72 (C) meningkat menjadi 83. Dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL di kelas
IV SD Negeri 10 Sangkir Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:53 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16897 |