Studi Deskriptif Pembelajaran Seni Budaya ( Seni Musik) Di Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Khuzaipah, Khuzaipah (2016) Studi Deskriptif Pembelajaran Seni Budaya ( Seni Musik) Di Kelas VII.2 SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KHUZAIPAH_MZ_96658_5617_2016.pdf] Text
B1_6_KHUZAIPAH_MZ_96658_5617_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah pembelajaran dan pencapaian hasil belajar
seni musik di SMPN 1 Batang Anai. Mulai tahun ajaran 2014/2015 SMP Negeri 1
Batang Anai telah menerapkan Kurikulum 2013 (K13) yang berarti ada silabus
baru, kompetensi baru, metode baru, dan ada pencapaian hasil belajar berdasarkan
kurikulum 2013.Pada sisi lain, guru di SMP Negeri 1 Batang Anai terlihat masih
berpola pada KTSP dalam pelaksanaan pembelajarannya. Dari kondisi
pembelajaran yang ditemukan, masalahnya adalah bagaimana proses pencapaian
hasil belajar seni musik di kelas VII.2 SMP Negeri 1 Batang Anai. Tujuan
penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan proses pencapaian hasil
belajar seni musik di kelas VII.2 SMP Negeri 1 Batang Anai.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode
kualitatif.Data primer diperoleh langsung dari guru melalui observasi dan
wawancara berkaitan dengan proses pencapaian hasil belajar seni musik. Data
sekunder adalah data yang diambil berdasarkan laporan dan sumber-sumber
lainnya yang mendukung penyusunan dan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari proses pembelajarannya,
terdapat ketidaksesuaian antara rancangan pembelajaran menurut kurikulum yang
diberlakukan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru. Hasil
belajar yang dicapai siswa sangat berbeda antara hasil belajar menurut Kurikulum
2013 dengan hasil belajar berdasarkan pembelajaran yang dilaksanakan guru, dan
bukan merupakan muara dari proses pembelajarannya. Pencapaian hasil belajar
seni musik di SMP N 1 Batang Anai bukanlah merupakan pencerminan dari hasil
dari proses pembelajaran, dan „bukan merupakan hasil belajar,‟akan tetapi
merupakan hasil dari „menjawab soal ujian‟ yang diberikan guru, dimana soal
ujian itu tidak berkaitan dengan materi pelajaran dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:53
Last Modified: 24 Jul 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16892

Actions (login required)

View Item
View Item