Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Zulmiati, Zulmiati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZULMIATI_52701_2372_2012.pdf] Text
final_B1_6_ZULMIATI_52701_2372_2012.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 29 Tabek Patah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai informasi, berdasarkan kenyataan yang ditemukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengna menggunakan pendekatan inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini seluruh siswa kelas V SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian dalam 2 siklus yang dilaksanakan dalam penelitian sudah terlihat peningkatan. Dimana hasil penilaian kognitif siklus I rata-rata 7,30 dan pada siklus II meningkat menjadi 8,36. Pada pengamatan ini pun terjadi peningkatan pada aspek afektif yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya 60,91 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,75, dan pada aspek psikomotor yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya 66,24 dan meningkat pada siklus II menjadi 78.94. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penelitian tindakan kelas melalui pendekatan inkuiri terjadinya peningkatan hasil belajar IPA dari semua aspek yang diamati.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:08
Last Modified: 24 Jul 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item
View Item