Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 01 Paninjawan Kabupaten Solok

Rizayani, Zulmi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 01 Paninjawan Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZULMI_RIZAYANI_56895_3250_2013.pdf] Text
final_B1_6_ZULMI_RIZAYANI_56895_3250_2013.pdf

Download (631kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas V SD Negeri 01 Paninjawan Kabupaten Solok menunjukkan bahwa dalam pembelajaran mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang dalam bentuk diskusi belum terlaksana dengan baik. Guru belum membagi siswa untuk berdiskusi dalam kelompok ahli dan kelompok asal. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar serta kurangnya kesempatan siswa untuk menjelaskan materi kepada temannya, sehingga hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran sifat-sifat bangun ruang pada kelas V SD dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan langkah-langkah membaca topik, diskusi kelompok, laporan kelompok, tes dan penghargaan. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai dengan pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan baik penilaian proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa hasil penilaian dari segi perencanaan (RPP) pada siklus I adalah 82% meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hasil penilaian dari segi pelaksanaan aspek guru pada siklus I 75% meningkat menjadi 90%, dan segi pelaksanaan aspek siswa siklus I 68% meningkat ada siklus II 90%. Sedangkan pada aspek kognitif siklus I adalah 70,6 meningkat pada siklus II 80,9. Pada aspek afektif siklus I adalah 71% meningkat pada siklus II 82%, dan pada aspek psikomotor siklus I adalah 68% meningkat pada siklus II 81%, sedangkan hasil penilaian dari aspek kognitif pada siklus I pertemuan I adalah 67% meningkat meningkat pada siklus II menjadi 90%. Jadi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Sifat Bangun Ruang, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:08
Last Modified: 24 Jul 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item
View Item