Implementasi Kurikulum 2013 pada Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.

Wulandari, Fitria (2017) Implementasi Kurikulum 2013 pada Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FITRIA_WULANDARI_1300679_485_2017.pdf] Text
final_B1_07_FITRIA_WULANDARI_1300679_485_2017.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti pada Taman Kanakkanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, dimana peneliti menemukan bahwa masih ada guru yang belum sepenuhnya mengimplementasikan atau melaksanakan kurikulum 2013 PAUD terutama pada proses pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kurikulum 2013 tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini informannya adalah guru-guru yang berada di lingkungan tempat penelitian berjumlah 3 orang. Data diolah dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan deskripsi dan analisis data disimpulkan bahwa guru di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang sudah mengimplementasikan atau melaksanakan kurikulum 2013 terutama pada proses pembelajaran. hal ini terlihat dari adanya bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disusun untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPPH yang disusun dengan menggunakan media pembelajaran serta dengan metode yang bervariasi yaitu metode Tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas, bercerita, dan bernyanyi. Dari proses pembelajaran guru melakukan penilaian secara autentik yaitu mulai dari awal kegiatan pembelajaran sampai pada akhir pembelajaran melalui observasi, percakapan, dan hasil karya anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Proses Pembelajaran, Taman Kanak Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:55
Last Modified: 24 Jul 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item
View Item