Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang

Rahmadani, Fita (2019) Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FITA_RAHMADANI_14022057_2031_2019.pdf] Text
final_B1_07_FITA_RAHMADANI_14022057_2031_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan tentang huruf bagi anak bagi anak 4-5 tahun sangat penting untuk proses membaca dan menulis, oleh karena itu, sebaiknya anak di perkenalkan dengan huruf sejak dini. Untuk merealisasikan pembelajaran mengenal huruf di perlukan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Islam Budi Mulia Padang yang berjumlah 100 anak. Sampel yang di gunakan Peneliti sebanyak 20 anak dari dua kelas yang masing masing berjumlah 10 anak. kemampuan mengenal huruf anak yang di teliti meliputi, menyebutkan huruf, menyebutkan kata yang mempunyai awalan huruf tertentu, membedakan dua huruf yang hamper sama, dan menyebutkan cirri-ciri huruf. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang dengan rata-rata hasil kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen (A1) yang dilakukan dengan media sandpaper letter lebih tinggi dibandingkan anak di kelas kontrol (A2) yang dilakukan dengan media kartu huruf yaitu 78,25 kelas eksperimen dan dikelas kontrol adalah 71,25. Dengan demikian media sandpaper letter terbukti berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Dimana pada kelas eksperimen anak dapat mencapai nilai tertingginya yaitu 93,75 dan sedangkan di kelas control nilai tertinggi anak hanya mencapai 81,25.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sandpaper letter, kemampuan mengenal huruf anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:54
Last Modified: 24 Jul 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item
View Item