Afni, Khazanatul (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) dengan Metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 1 Situjuah limo Nagari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KHAZANATUL_AFNI_04825_1494_2014.pdf [thumbnail of B1_6_KHAZANATUL_AFNI_04825_1494_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KHAZANATUL_AFNI_04825_1494_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Metode tutor sebaya adalah salah satu untuk meningkat kan upaya kualitas
pendidikan. Artinya dalam penerapan tutor sebaya itu, anak yang dianggap pintar
bisa mengajari atau menjadi tutor temannya yang kurang pandai atau ketinggalan.
Di sini peran guru hanya sebagai fasilitator atau pembimbing saja. Oleh karena itu
peneliti ingin melihat metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Seni Budaya (tari).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menggunakan
metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar seni tari siswa di SMA
Negeri 1 situjuah limo nagari. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dalam mata pelajaran seni budaya kelas X SMA N 1 Kec.Situjuah
Limo Nagari dengan metode tutor sebaya. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah siswa kelas X yang berjumlah 35 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam
pembelajaran tari dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya terjadi peningkatan.
Serta aktivitas siswa meningkat, dengan indikator aktivitas berdiskusi dengan
kelompok, memperhatikan tutor, bertanya kepada tutor dan melakukan gerakan
juga terjadi peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa 62,32 %
dengan rata-rata hasil belajar 69,86. Namun setelah dilakukan perbaikan
berdasarkan refleksi dari siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa 72,14 %
dengan rata-rata hasil belajar 81,32 . Dengan demikian dalam penelitian ini
terbukti terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Metode Tutor
Sebaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 00:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 00:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16857 |