Hubungan Kemauan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Perkakas Tangan pada Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang

Hidayat, Firman (2018) Hubungan Kemauan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Perkakas Tangan pada Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FIRMAN_HIDAYAT_14067030_4331_2018.pdf] Text
final_B1_07_FIRMAN_HIDAYAT_14067030_4331_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemauan belajar dengan hasil belajar mata diklat perkakas tangan pada kelas XI di SMK Negeri 5 Padang dilihat dari : 1) Mendeskripsikan kemauan belajar mata diklat perkakas tangan, 2) Mendeskripsikan hasil belajar mata diklat perkakas tangan, 3) Hubungan kemauan belajar dengan hasil belajar mata diklat perkakas tangan pada kelas X di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI 1 dan XI 2 Jurusan Teknik Mesin pada SMKN 5 Padang sebanyak 58 orang. Dengan teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product momen, yang dilakukan dengan rumus statistik. Hasil penelitian meliputi : Terdapat hubungan yang positif dan berarti (signifikan) antara kemauan belajar dengan hasil belajar mata diklat perkakas tangan kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Adanya hubungan yang berarti tersebut ditunjukkan oleh r hitung = 0,725 ≥ r tabel = 0,254. Besarnya kontribusi kemauan belajar dengan hasil belajar pada mata diklat perkakas tangan kelas XI SMK Negeri 5 Padang adalah sebesar 52,56% sedangkan 47,44% ditentukan oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemauan belajar, hasil belajar, perkakas tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:52
Last Modified: 24 Jul 2025 00:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item
View Item