Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Zulkirman, Zulkirman (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZULKIRMAN_56919_1274_2013.pdf] Text
final_B1_6_ZULKIRMAN_56919_1274_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 12 Ulakan Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini terjadi karena kurangnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan membosankan bagi siswa dan pada akhirnya hasil belajar yang diperoleh siswapun menjadi rendah. Untuk mengatasi hal ini dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Konstruktivis. Pendekatan konstruktivis menekankan pada pada membangun pengetahuan pada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Jenis penelitian ini adalah peneitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, longsor), subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 12 Ulakan Tapakis. Hasil penilaian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa dengan nilai rata-rata 74,17. Penelitian dilanjutkan pada siklus II menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa dengan nilai rata-rata 81,70. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Konstruktivis, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:51
Last Modified: 24 Jul 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item
View Item