Zulkifli, Zulkifli (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase di Kelas II SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZULKIFLI_M_95195_170_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZULKIFLI_M_95195_170_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZULKIFLI_M_95195_170_2014.pdf
Download (857kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 08 Baringin bahwa guru masih melaksanakan proses pembelajaran secara konvensional sehingga siswa kesulitan dalam memahami pelajaran dan hasil belajarnya kurang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase dalam pembelajaran PKn kelas II SDN 08 Baringin Kecamatan Palembayan Kab. Agam, dan tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase Di kelas II SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Palembayan Kab. Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas untuk melihat penggunaan Metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase pada pembelajaran PKn. Subjek penelitian ini yaitu peneliti (guru) dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan evaluasi berupa soal objektif 5 butir dan isian sebanyak 5 butir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase dari hasil pengamatan RPP pada siklus I mencapai 83%, pada siklus II meningkat menjadi 96%. Sementara pada aktivitas guru pada siklus I mencapai 78 % dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 77 % dan siklus II meningkat menjadi 96%. Sementara dari hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 73 dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II nilai dengan rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Value Clarification Technique (VCT) Reportase dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, Value Clarification Technique, VCT Reportase, Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16845 |