Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Las Dasar Kelas X TPM Tenik Produksi Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok

Irfiandi, Finoza okta (2016) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Las Dasar Kelas X TPM Tenik Produksi Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_FINOZA_OKTA_IRFIANDI_97697_5817_2016.pdf] Text
final_B1_07_FINOZA_OKTA_IRFIANDI_97697_5817_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata hasil belajar semester januarijuni 2016 Program Studi Keahlian teknik produksi pemesinan yang rendah. Dari data 37 orang siswa, sebanyak 11 orang diantaranya memiliki hasil belajar yang berada di bawah standar ketuntasan (KKM). Populasi penelitian seluruh siswa kelas X TPM, terdiri dari satu kelas berjumlah 37 orang yang dijadikan sebagai sampel. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka semua populasi diteliti (Total sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran teknik las dasar X TPM SMK Negeri 2 solok. Sedangkan data motivasi belajar siswa melalui angket menggunakan rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar di SMK N 2 Solok.hal ini bisa di lihat pada koefisien korelasi r hitung sebesar 0,480 dan juga dapat di lihat pada tabel r pada lampiran 16 sebesar 0,325. Karena r hitung > dari r tabel, maka terdapat hubungan yang signifikan dan dapat di terima pada taraf kepercayaan 0,05. Besar hubunganya adalah 23,1%. Artinya motivasi belajar siswa dalam belajar dapat memberikan hubungan yang berarti dalam peningkatan hasil belajar siswa. Semakin baik motivasi belajar siswa dalam belajar semakin baik pula hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menyarankan kepada guru-guru teknik pemesin (TPM) khususnya guru mata pelajaran teknik las dasar agar lebih memperhatikan motivasi belajar siswa dalam belajar siswa agar nantinya hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik las dasar sesuai yang diharapkan (mencapai KKM).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, teknik las dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:16
Last Modified: 23 Jul 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item
View Item