Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang

Zulkanita, Zulkanita (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZULKANITA_54224_4287_2014.pdf] Text
final_B1_6_ZULKANITA_54224_4287_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang dilakukan guru masih dominan metode ceramah sehingga kurang melibatkan siswa untuk bekerja sama dengan kelompok lain dalam mendapatkan informasi. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I pertemuan I persentase nilai 71,43%, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru siklus I pertemuan I persentase nilai 84,38%, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa siklus I pertemuan I dari aspek kognitif 65,73%, aspek afektif 72,64 dan aspek psikomotor 79,33%. Perencanaan pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan II persentase nilai 82,29%,Pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru siklus I pertemuan II persentase nilai 87,5%, Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa siklus I pertemuan II dari aspek kognitif 73,8%, aspek afektif 73,31% dan aspek psikomotor 80,66%. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus II persentase nilai 82,29%, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru siklus II persentase nilai 96,88%, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa siklus II dari aspek kognitif 85,76%, aspek afektif 94,54% dan aspek psikomotor 86,98%. Dengan demikian, Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS Di Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning, Two Stay Two Stray, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:16
Last Modified: 23 Jul 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16839

Actions (login required)

View Item
View Item