Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IVB SDN 10 Sungai Aur Pasaman Barat

Harleni, Zulfia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IVB SDN 10 Sungai Aur Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZULFIA_HARLENI_1108253_3057_2014.pdf] Text
final_B1_6_ZULFIA_HARLENI_1108253_3057_2014.pdf

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penelitian di lapangan dimana pembelajaran PKn yang dilaksanakan guru terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran PKn yaitu: guru kurang memberikan permasalahan dengan jelas pada siswa, guru membentuk kelompok diskusi dalam jumlah besar, guru kurang melakukan tanya jawab dengan siswa tentang permasalahan yang diberikan dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IVB. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan,sedangkan siklus II dilaksanakan I kali pertemuan. Dilakukan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan dua siklus menunjukkan adanya peningkatan. Rata-rata penilaian rancangan pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 64.2 %, pada pertemuan II adalah 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 92.8%. Penilaian pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I adalah 63.8%, pada pertemuan II menjadi 77.7% dan meningkat pada siklus II menjadi 91.6%, dan aspek siswa siklus I pertemuan I adalah 58.3% , pada pertemuan 11 menjadi 77.7% dan meningkat pada siklus II menjadi 91.6%. Serta hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I rata-rata 67.9, pada pertemuan II menjadi 75.3 dan meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 84.6. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SDN 10 Sungai Aur Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:18
Last Modified: 23 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16821

Actions (login required)

View Item
View Item