Shintari, Ratna Dewi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATNA_DEWI_SHINTARI_96264_1324_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATNA_DEWI_SHINTARI_96264_1324_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATNA_DEWI_SHINTARI_96264_1324_2014.pdf
Download (956kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pembelajaran PKn yang selama ini masih berjalan satu arah, dimana pembelajaran berpusat pada guru dan guru merupakan satu-satunya sumber informasi, guru tidak mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa, dan guru belum membelajarkan siswa untuk menentukan pemecahan suatu permasalahan yang terdapat dalam kehidupan nyata. Akibatnya siswa belum mampu untuk menyalesaikan permasalahan sesuai dengan apa yang telah dipelajarai, serta hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti (praktisi), dan siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada (a) perencanaan pada penilaian RPP siklus I yaitu 83,9% dan siklus II yaitu 92,9% dengan kualifikasi sangat baik(SB), (b) pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek guru 80,5% pada siklus I dan pada siklus II yaitu 91,6% dengan kualifikasi sangat baik(SB), dan pada aspek siswa siklus I yaitu 76,3% dan siklus II yaitu 91,6% dengan kualifikasi sangat baik(SB), (c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn mengalami peningkatan dari 75,1 pada siklus I menjadi 80,9 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SDN 20 Kurao Pagang 10 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Kewarganegaraan,Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16812 |