Rizal, Mastika Nova (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 60 Kubu Anau Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MASTIKA_NOVA_RIZAL_52408_190_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MASTIKA_NOVA_RIZAL_52408_190_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MASTIKA_NOVA_RIZAL_52408_190_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih bersifat konvensional,sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS melalui metode problem solving yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 60 Kubu Anau Kec. Lubuk Basung Kab. Agam dengan menggunakan metode problem solving. Metode problem solving adalah metode mengajar dan berfikir, dimana siswa dilatih untuk memecahkan masalah atau persoalan yang dapat meransang pengembangan kemampuan berfikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya siswa banyak melakukan mental dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencari pemecahan. Dengan demikian metode problem solving ini sangat cocok sekali diaksanakan dalam proses pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa Dari hasil penelitian peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek perencanaan terjadi peningkatan dari 71% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Untuk pelaksanaan dari aspek guru juga terjadi peningkatan dari 71% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Sedangkan dari aspek siswa juga terjadi peningkatan dari 71% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II dan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dari 62 pada siklus I menjadi 76 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Problem Solving, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16810 |