Kontribusi Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum terhadap Hasil Belajar Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik (TKBGT) Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang

Rahmayana, Septi (2018) Kontribusi Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum terhadap Hasil Belajar Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik (TKBGT) Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SEPTI_RAHMAYANA_14065044_3216_2018.pdf] Text
B1_05_SEPTI_RAHMAYANA_14065044_3216_2018.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurang optimalnya hasil belajar pada mata diklat TKBGT Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang, dimana 51,54% siswa mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata diklat TKBGT yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa diduga karena rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa dan kurang optimalnya pemanfaatan fasilitas paktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas pratikum tehadap hasil belajar mata diklat TKBGT siswa kelas X Teknik Teknik Audio Video SMKN 5 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 97 orang siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang yang digunakan sebagai peserta. Didalam enelitian ini menggunakan (Simple Random Sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat TKBGT SMKN 5 Padang. Sedangkan data motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas praktikum dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik korelasi dengan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 22.0. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas praktikum secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 49,50% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang; (2) Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 41,73% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang; (3) Pemanfaatan fasilitas praktikum memberikan kontribusi sebesar 22,95% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 5 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas praktikum berkontribusi terhadap hasil belajar. Semakin tinggi motivasi belajar dan semakin optimal pemanfaatan fasilitas praktikum dalam praktikum, maka hasil belajar akan semakin optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Praktikum, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:17
Last Modified: 23 Jul 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16808

Actions (login required)

View Item
View Item