Zulfadli, Zulfadli (2015) Peningkatan Proses Belajar IPS Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 10 Tandikat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZULFADLI_52531_820_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZULFADLI_52531_820_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZULFADLI_52531_820_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di lapangan bahwa dalam proses belajar IPS di kelas IV SD Negeri 10 Tandikat, hasil belajar IPS rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ingin mencoba meningkatkan hasil proses belajar IPS dengan menggunakan pendekatan cooperative learning model jigsaw di kelas IV SD Negeri 10 Tandikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 10 Tandikat menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Proses penelitian merupakan proses daur ulang/siklus. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 10 Tandikat. Alat pengumpulan data adalah observasi, dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama perolehan nilai adalah 82,1% (baik) pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 89,3% (sangat baik) pada siklus II adalah 96,4% (sangat baik). b) pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 83,3% (baik) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 89,0% (sangat baik) pada siklus II meningkat menjadi 97,0% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 72,2% (cukup) pada pertemuan kedua adalah 83,3% (baik) pada siklus II meningkat menjadi 97,0% (sangat baik). Hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 68,8 pada pertemuan kedua 77,8 pada siklus II meningkat menjadi 90,0. Dengan demikian, penggunaan pendekatan cooperative learning model jigsaw dapat diterapkan di SD Negeri 10 Tandikat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning, Model Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16805 |