Peningkatan Hasil Beajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stay di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi

Lusiana, Tri (2016) Peningkatan Hasil Beajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stay di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TRI_LUSIANA_1205016_5852_2016.pdf] Text
final_B1_6_TRI_LUSIANA_1205016_5852_2016.pdf

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum maksimalnya guru dalam proses pembelajaran. Kondisi ini dapat terlihat dari guru belum memberiakan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi kelompok, sehingga pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang terlihat aktif dalam proses pemelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe two stay two stray. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian siklus I penilaian RPP nilai 78,57% (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 92,85% (sangat baik). Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 79,16% (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 88,88% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I meperoleh nilai 79,16 (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 88,88% (sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I memeperoleh nilai rata-rata 74,91, dan pada siklus II meningakat menjadi 88,90. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Beajar Siswa, PKN, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stay, dan Kelas IV SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:17
Last Modified: 23 Jul 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item
View Item