Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Strategi Polya di Kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang

Ulfiani, Masrina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Strategi Polya di Kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MASRINA_ULFIANI_96261_3545_2013.pdf] Text
final_B1_6_MASRINA_ULFIANI_96261_3545_2013.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukannya kesulitan pada siswa dalam memahami masalah, sehingga siswa tidak bisa menyelesaikan soal cerita pengurangan pecahan berpenyebut berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan strategi Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan hasil tes dengan menggunakan langkah-langkah strategi Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana dengan kalimat matematika, pelaksanaan rencana, dan melakukan pemeriksaan kembali. Hasil penelitian dari perencanaan RPP memperoleh persentase nilai 80% pada siklus I dengan kategori Sangat Baik (SB) meningkat menjadi 96% pada siklus II dengan kategori Sangat Baik (SB), pelaksanaan pembelajaran soal cerita pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dari aspek guru 81,2% dengan kategori Sangat Baik (SB) pada siklus I meningkat menjadi 100% dengan kategori Sangat Baik (SB) pada siklus II, dari aspek siswa pada siklus I 69% dengan kategori Cukup (C) meningkat menjadi 93,8% dengan kategori Sangat Baik (SB) pada siklus II, hasil belajar siswa dari ke tiga ranah (kognitif, afektif, psikomotor) pada siklus I 68,4 dengan kategori Cukup (C) meningkat menjadi 86 dengan kategori Sangat Baik (SB) pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan strategi Polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita pengurangan pecahan berpenyebut berbeda pada siswa kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pecahan Berpenyebut Berbeda, Strategi Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:16
Last Modified: 23 Jul 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item
View Item