Dewi, Ratisa Kumala (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Coopertive Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATISA KUMALA DEWI_56698_2118_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATISA KUMALA DEWI_56698_2118_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATISA KUMALA DEWI_56698_2118_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS masih didominasi oleh guru dan jarang menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning tipe NHT di kelas IV SDN 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan Cooperative Learning tipe NHT dari 2 siklus menunjukan adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP dari siklus I pertemuan I 75%, siklus I pertemuan II 78,58%, siklus II pertemuan I 89,28% dan siklus II pertemuan II 96,42%. Kemudian hasil penilaian terhadap aspek guru juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I 77,77%, siklus I pertemuan II 80,55%, siklus II pertemuan I 83,33% dan siklus II pertemuan II menjadi 97,22%. Sedangkan hasil penilaian terhadap aspek siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I 69,44%, siklus I pertemuan II 80,55%, siklus II pertemuan I 86,11% dan siklus II pertemuan II menjadi 94,44%. Rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Cooperative Learning tipe NHT mengalami peningkatan pada siklus I adalah hasil belajar kognitif 67,94, afektif 67,20 dan psikomotor 68,74. Dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu hasil belajar kognitif 82,14, afektif 79,35 dan psikomotor 80,50. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Pendekatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16799 |