Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thingking Activity (DRTA) di Kelas IV SD 08 Padang Besi Lubuk Kilangan Padang.

Nasution, Masniari (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thingking Activity (DRTA) di Kelas IV SD 08 Padang Besi Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MASNIARI_NASUTIOAN_1204996_6056_2016.pdf] Text
final_B1_6_MASNIARI_NASUTIOAN_1204996_6056_2016.pdf

Download (646kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang diperoleh bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih kurang. Penyebabnya guru kurang belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan strategi DRTA pada siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi pada tahap prabaca,saatbaca dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Strategi yang digunakan adalah DRTA. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang meliputi tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Hasil penelitian aspek guru pada siklus 1memperoleh nilai 65% dengan kualifikasi cukup meningkat pada suklus II menjadi 85% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I 60% dengan kualifikasi cukup pada siklus II menjadi 75% kualifikasi baik. Keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh nilai 59,54 dengan kualifikasi cukup pada siklus II menjadi 81,84 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian model DRTA telah dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:03
Last Modified: 23 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16798

Actions (login required)

View Item
View Item