Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD 14 Bintungan Panyalaian

Zubaidah, Zubaidah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD 14 Bintungan Panyalaian. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZUBAIDAH_58418_1622_2013.pdf] Text
final_B1_6_ZUBAIDAH_58418_1622_2013.pdf

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, siswa hanya diam mendengarkan, dan kadang-kadang meribut, serta mengganggu teman. Sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode mengajar dengan cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil percobaan, kemudian hasil percobaan itu disampaikan ke kelas dan didiskusikan secara tebuka di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 14 Bintungan Panyalaian. Penelitian tindakan kelas (Classroom action research) ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada :a) Rata – rata RPP siklus I memperoleh nilai 67% dengan kriteria cukup, pada siklus II menigkat menjadi 83% dengan kriteria baik, b). Rata – rata pelaksanaan pada aspek guru siklus I meperoleh nilai 75% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 76% dengan kriteria baik sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 57% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 87 % dengan kriteria sangat baik,c). Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64.2 meningkat menjadi 79 pada siklus II. Dengan demikian motode eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Bintungan Panyalaian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:03
Last Modified: 23 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item
View Item