Putri, Septi Kurnia (2015) engaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 Candung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SEPTI_KURNIA_PUTRI_05078_1814_2016.pdf [thumbnail of B1_05_SEPTI_KURNIA_PUTRI_05078_1814_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SEPTI_KURNIA_PUTRI_05078_1814_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan pola fikir yang lebih tinggi sehingga materi yang dipelajari oleh siswa akan diingat lebih lama. Selain itu dapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS, sedangkan kelas Kontrol menggunakan LKS tanpa menggunakan pendekatan CTL Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi sederhana, dan uji korelasi product-moment pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranah pengetahuan adalah 80,98 untuk kelas eksperimen dan 74,16 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok sampel pada ranah pengetahuan didapatkan = 3,35 lebih besar dari = 2,02. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang berarti penggunaan pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 1 Candung dapat diterima pada taraf nyata 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning; CTL; Lembar Kerja Siswa; hasil belajar IPA; pembelajaran kontekstual; siswa SMP |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16796 |