Oktavia, Ratih (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATIH_OKTAVIA_17129255_4551_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATIH_OKTAVIA_17129255_4551_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATIH_OKTAVIA_17129255_4551_2021.pdf
Download (477kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, peserta didik belum terlatih dalam kerja sama kelompok dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 14 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 79,69%%, siklus II meningkat menjadi 90,62%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 76,78%, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (3) penilaian ratarata aspek peserta didik siklus I adalah 76,78%, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (4) Penilaian rata-rata hasil belajar siklus I adalah 75,06% siklus II meningkat menjadi 82,51%. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Problem Based Learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16795 |