Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 31 VII Koto Sungai Sarik.

Yuliawati, Masni (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 31 VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MASNI_YULIAWATI_93528_467_2016.pdf] Text
final_B1_6_MASNI_YULIAWATI_93528_467_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran PKn yang dilaksanakan belum mampu melibatkan siswa secara aktif, pembelajaran yang berlangsung menggunakan pendekatan konvensional, yaitu yang berperan aktif dalam pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa duduk mendengar dan mencatat saja. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat memahami dan menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru, sehingga rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 31 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Hasil penelitian didapat bahwa penilaian RPP pada siklus I yaitu 91,06%, dan siklus II yaitu 96,43%. Dari aspek guru pada siklus I yaitu 85,23%, dan siklus II yaitu 97,73%. Dari aspeksiswa pada siklus I yaitu 68,18%, dan siklus II yaitu 95,45%. Dari hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69.05, dan siklus II 85.29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN 31 VII Koto Sungai Sarik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:03
Last Modified: 23 Jul 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16793

Actions (login required)

View Item
View Item