Zarmadona, Zarmadona (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Teknik Membuat Mind Map di Kelas IV SDN 11 VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZARMADONA_07539_6170_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZARMADONA_07539_6170_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZARMADONA_07539_6170_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering di dominasi oleh guru dan masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 12 Mei 2010 ditemukan hasil belajar IPS siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan teknik membuat Mind Map dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 11 VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Prosedur penelitian tindakan ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data adalah dengan teknik observasi, pengamatan dari aktivitas aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 11 VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman. Penerapannya dengan teknik membuat Mind Map. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa teknik membuat Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Hasil penelitian yang diperoleh dari setiap siklus terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siklus I pertemuan I dengan hasil RPP 75%, aspek guru 75% aspek siswa 68%, aspek kognitif 71%, aspek afektif 74% dan aspek psikomotor 73%. Pada pertemuan II hasil RPP 78%, aspek guru 82%, aspek siswa 85%, aspek kognitif 75%, aspek kognitif 76% dan aspek psikomotor 75%. Pada siklus II hasil RPP 84%, aspek guru 89%, aspek siswa 89%, aspek kognitif 81%, aspek afektif 80% dan aspek psikomotor 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas yaitu melalui teknik membuat Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Mind Map, Penelitian Tindakan Kelas, SDN 11 VII Koto |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16786 |