Pengaruh Penggunaan Ludo Kimia Sebagai Media Chemo Edutainment Materi Reaksi Redoks Serta Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah

Wahyuni, Sri (2021) Pengaruh Penggunaan Ludo Kimia Sebagai Media Chemo Edutainment Materi Reaksi Redoks Serta Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SRI_WAHYUNI_17035044_4343_2021.pdf] Text
B1_07_SRI_WAHYUNI_17035044_4343_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media pembelajaran ludo kimia sebagai media Chemo-edutainment pada materi Reaksi Redoks serta Tata Nama Senyawa yang telah valid dan praktis, akan tetapi pengaruhnya terhadap hasil belajar belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan ludo kimia sebagai media Chemo edutainment materi reaksi redoks serta tata nama senyawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experiment Research) dengan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di MAN 2 Padang. Sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Sumber data diperoleh dari hasil post test dan teknik analisa data menggunakan uji Independent t-test (Uji-t). Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen (83,63) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (78,13) dan analisa uji-t yang memperoleh nilai sig 0,006 pada taraf nyata α = 0,05. Selanjutnya juga didukung oleh persentase ketuntasan belajar, kelas eksperimen memperoleh 87,5% sedangkan kelas kontrol 81,25%. Berdasarkan hasil analisa data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan ludo kimia sebagai media Chemo-edutaiment materi reaksi redoks serta tata nama senyawa terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, ludo kimia dan chemo-edutainment (CET).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:02
Last Modified: 25 Jul 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16785

Actions (login required)

View Item
View Item