Masliana, Masliana (2014) Peningkatan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Membuat Model Mind Mapping di Kelas IV SDN 23 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MASLIANA_58384_1027_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MASLIANA_58384_1027_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MASLIANA_58384_1027_2014.pdf
Download (656kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih di dominasi oleh guru sebagai sumber informasi sedangkan siswa hanya sebagai objek, sehingga siswa tidak memanfaatkan kerja otak kanan dan kirinya secara optimal dan hasil belajar siswa menjadi rendah yaitu tidak sesuai dengan KKM yang telah di tentukan sekolah, sehingga dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan membuat model Mind Mapping di kelas IV SDN 23 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data ini di dapat melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui membuat model Mind Mapping di kelas IV SDN 23 Lembah Melintang. Subjek penelitian adalah guru, peneliti, dan siswa kelas IV SDN 23 Lembah Melintang yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan nilai rata-rata 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan membuat model Mind Mapping dari aspek guru, pada siklus I nilai ratarata 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%, sedangkan aspek siswa siklus I niali rata-rata 59% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata ranah kognitif 65, ranah afektif 66 dan ranah psikomotor 71, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata ranah kognitif 78, ranah afektif 78 dan ranah psikomotor 82 dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan membuat model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16782 |