Zamzaneli, Zamzaneli (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode bermain Peran di Kelas V SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ZAMZANELI_04334_4235_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ZAMZANELI_04334_4235_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ZAMZANELI_04334_4235_2012.pdf
Download (392kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan peneliti dan pengamatan terhadap siswa dan guru kelas VSDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam., hasil belajar siswa masih rendah, serta dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai semester siswa adalah 64,52 sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah adalah 70. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pembelajaran yang digunakan yakni dengan menggunakan metode bermain peran.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dengan mengikuti langkah-langkah penggunaan metode bermain peran untuk menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, dengan menggunakan metode bermain peran. Hal ini dapat dilihat, baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 85,41% mencapai 95,83%, aktivitas guru dari 72,8% mengalami peningkatan 86%, aktifitas siswa dari 70,56% mengalami peningkatan menjadi 84%. Dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode bermain peran adalah 28,57%, setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 67,30 persentase ketuntasannya 42,86%. Lalu dilanjutkan ke siklus II dan terjadi peningkatan dengan rata-rata 81,52 persentase ketuntasannya 100%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, Bermain Peran, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:51 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16779 |