Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing di Kelas IV SDN 07 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota

Anggraini, Tri Diana (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing di Kelas IV SDN 07 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TRI_DIANA_ANGGRAINI_1200635_4911_2016.pdf] Text
final_B1_6_TRI_DIANA_ANGGRAINI_1200635_4911_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 07 Guguak bahwa Guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPS dibandingkan siswa sehingga siswa menjadi pasif, siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing di kelas IV SDN 07 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP pada siklus I adalah 80,35% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan dari aspek siswa siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada penelitian Siklus I 77,64 dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 89,06 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 07 Guguak VIII Koto Kabupaten 50 Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPS, Model Cooperative Learning, Snowball Throwing, dan Kelas IV SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:50
Last Modified: 23 Jul 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item
View Item