Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 03 Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota

Sari, Marza Refmina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 03 Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARZA_REFMINA_SARI_93770_1827_2013.pdf] Text
final_B1_6_MARZA_REFMINA_SARI_93770_1827_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan rendahnya hasil belajar matematika khususnya luas trapesium dan layang-layang siswa SD Negeri 03 Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota, dalam pembelajaran siswa belum sepenuhnya terlibat secara aktif untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata siswa sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka. Untuk itu melalui penelitian ini peneliti untuk meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikn perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus, satu kali siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Taeh Baruah yang berjumlah 35 orang pada semester I tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat meningkat, pada tes tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69,45 dengan ketuntasan 52,5% dan siklus II menjadi 85,65 dengan ketuntasan 94%. Selain itu aktivias guru dan siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan yang dipantau melalui lembar observasi penerapan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil penelitian terlihat hasil belajar siswa meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas trapesium dan layang-layang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:50
Last Modified: 23 Jul 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item
View Item