Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa

Nasution, Indri Yulia Putri (2022) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_INDRI_YULIA_PUTRI_NASUTION_17033135_620_2022.pdf] Text
B1_5_INDRI_YULIA_PUTRI_NASUTION_17033135_620_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian meta analisis pengaruh Lembar Kerja
Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa. Kondisi nyata yang ditemukan
dilapangan hasil belajar siswa fisika tergolong masih rendah. Untuk
meningkatkan hasil belajara siswa diperlukan bahan ajar yang dapat menarik
minat belajar siswa salah satunya Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini
bertujuan menganalisis pengaruh LKS terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
meta analisis. Dengan mengumpulkan dan merangkum beberapa artikel. Dimana
sampel yang digunakan terdiri dari 30 artikel yang sudah dipublikasikan pada
berbagai jurnal baik nasional dan internasional. Artikel yang dipilih adalah artikel
yang bisa diolah untuk dapat dihitung besar effect sizenya pada penggunaan LKS
yang kemudian dikelompookan menjadi empat indikator yaitu berdasarkan jejang
pendidikan, tingkatan kelas, model pembelajaran dan wilayah penelitian.
Dari analisis data yang dilakukan didapat hasil penelitian. Pertama,
Penggunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti pada indikator jenjang
pendidikan SMP dengan summary effect size sebesar 1.041 dalam kategori tinggi.
Kedua, pengunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti di kelas VIII dengan
summary effect size sebesar 1.205 yang dikategorikan sangat tinggi. Ketiga,
Penggunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti pada model Contextual
Teaching and Learning (CTL) dengan summary effect size sebesar 1.133 yang
dikategorikan sangat tinggi. Keempat Penggunaan LKS memberikan pengaruh
berarti pada di Provinsi Bengkulu dengan summary effect size sebesar 2.124 yang
dikategorikan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: META ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN LKS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:50
Last Modified: 23 Jul 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item
View Item