Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunaan Metode Eksperimen di Kelas V SD N 07 Sasak Kec. Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat

Tinofa, Martina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunaan Metode Eksperimen di Kelas V SD N 07 Sasak Kec. Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MARTINA_TINOFA_57133_421_2013.pdf] Text
final_B1_6_MARTINA_TINOFA_57133_421_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat pada guru dan kebanyakan masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan siswa terlihat malas, suka bermain dan meribut, sehingga pembelajaran IPA membosankan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Persentase penilaian RPP, penilaian aktivitas guru, aktivitas siswa, aspek kognitif, afektif, psikomotor pada siklus I sebesar 76,8%, 74,9%, 66%, 74%, 68%, 68%, siklus II sebesar 94,6%, 91%, 83,9%, 86%, 85%, 83%. Dari hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:49
Last Modified: 23 Jul 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item
View Item