Yunita, Nel Avia (2013) Pembelajaran IPS Dengan Menggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 23 VII Koto Sungai Sariak Kab.Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NEL_AVIA_YUNITA_93529_2036_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NEL_AVIA_YUNITA_93529_2036_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NEL_AVIA_YUNITA_93529_2036_2014.pdf
Download (531kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa dalam pembelajaran IPS terlihat guru belum menggunakan model atau pendekatan yang sesuai dan juga saat pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran yang konfensiona sehingga siswa tidak terlihat aktif dan siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berfikir cera kritis sehingga hasil belajar rendah. Untuk mengatasinya dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kooperatif model STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 23 VII Koto Sungai Sarik kab Padang Pariaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu berupa kata-kata tertulis dan kuantitatif menggunakan simbol. Jenis penelilian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini meliputi: 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Pengamatan, dan 4)Refleksi. Yang terdiri dari dua siklus yaitu dalam satu siklus dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes, sedangkan instumen penelitian yaitu lembar observasi dan tes berupa soal objektif. Dan subjek dalam penelitian ini yaitu iswa kelas IV SDN 23 VII Koto Sungai Sariak. Hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan skor 78% dan siklus II dengan skor 94%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan skor 86% dan siklus II dengan skor 96% dan pada aspek guru siklus I dengan skor 87% dan pada siklus II dengan skor 96%. Dari hasi belajar siswa siklus I pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan rata-rata 75 dan pada siklus II dengan rata-rata 82. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 23 VII Koto Sungai Sariak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PS, Model Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Kelas IV, SDN 23 VII Koto |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16767 |